July 15, 2013

Book Review#7 : The Ring Of Solomon (Cincin Solomon)

Judul asli : The Ring Of Solomon
Judul terjemahan : Cincin Solomon
Pengarang : Jonathan Stroud
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Harga : Rp 79.000,- (2012)
My rates : 8,5 of 10
Age : 14+

Cincin Solomon adalah buku eksis karya Jonathan Stroud..setelah sukses dengan Bartimaeus Trilogy (kalau ada waktu akan saya coba me-review bukunya..), tokoh utama kita, si jin gaul sarkastis Bartimaeus dihadirkan kembali dalam buku ini..
Bartimaeus muncul dalam setting pemerintahan King Solomon, seorang raja mahadaya yang punya superpower buat mengendalikan semua jin buat bikin apa yang dia mau.. Raja Solomon (sbenarnya bisa dibilang ini adalah nama lain dari Sulaiman..tapi tolong jangan dicampuradukkan ceritanya..) punya satu cincin permata hitam tunggal yang bisa memerintahkan smua lapisan jin (okeh, jin ada levelnya loh..) untuk mematuhi perintahnya..mulai dari yang remeh2, ampe yang fantastis..(bikin istana dalam semalam, mindahin gunung..gitu deh..)..
Hal yang gak lepas dari kekuasaan adalah iri hati..lagi-lagi ini masalah konspirasi..orang2 yang gak suka ataupun iri sama kesuksesan Solomon, akhirnya bikin plot buat mencuri cincin hitamnya..dan di tengah kesialan inilah, Bartimaeus, Shakr Al-Jinni dilibatkan..
Bartimaeus dipaksa mengemban misi mencuri cincin Solomon..dengan segala daya upaya dan kecerdasannya..tapi, twist cerita pun datang..dari seorang pembunuh bayaran wanita yang mengincar nyawa Solomon..dan Bartimaeus pun terlibat 'kerjasama' tidak sengaja dengan si pembunuh bayaran..
Pada akhirnya, terkuak fakta mengenai cincin yang bikin Bartimaeus meragu..well, perintah tetaplah perintah..mesti dilaksanakan (ini membuat Bartimaeus sangat membenci manusia, kecuali beberapa orang yang memang secara personal dekat dan mengerti dirinya..)
Cerita yang gokil, seru, penuh intrik, dengan ending yang gak disangka-sangka bikin kita gregetan..dan saya sangat merekomendasikan novel fantasi ini..anjurannya sih baca dulu Bartimaeus Trilogy, biar lebih dekat sama tokoh utama kita..dan dijamin novel ini akan bikin kita ketawa..karna dengan gayanya sendiri Bartimaeus tetap memuaskan pembaca..
novelnya boleh 14 +..lumayan aman..^^

No comments:

Post a Comment