June 22, 2016

Flora and Ulysses, The Illuminated Adventure : A Children Book is not just for children

" Nothing would be easier without you..because you are everything..you are the ever-expanding universe to me.."
( Ulysses's Poet to Flora)
Ketika ada festival buku impor bertajuk Big Bad Wolf yang hadir di Indonesia sekitar Mei 2016 lalu, saya tentu saja tak mau ketinggalan untuk nitip buku-buku bagus ke teman yang nongol di acara tersebut. Sebut saja namanya Mommy Kitty, ibunda tak sengaja dari kami para maniak fantasi. Kemudian, di luar wishlist saya yang justru banyak tidak ditemukan, saya malah membeli buku-buku lain. Dan kebanyakan berasal dari bagian Children and Middle-grade.
Membaca buku itu menyenangkan, tentu saja. Hiburan tak terbatas yang bikin bahagia. Dan entah mengapa justru di buku yang di luar usia saya ini, malah saya merasakan pencerahan dan perasaan yang begitu manis, murni seperti anak kecil seharusnya. Mungkin saja karena menolak dewasa, tapi tidak, ketahuilah, kalau kita yang dewasa berdasarkan rentang waktu ini, sebaiknya sekali-sekali mencoba mencari referensi bacaan dari buku-buku ini.
Flora and Ulysses : The Illuminated Adventure karya Kate diCamillo, adalah salah satu buku berkesan yang berhasil bikin saya tergugah. Ceritanya sederhana. Tentang seorang anak perempuan bernama Flora, yang bersikap sinis dan dingin pada dunia di usianya yang begitu muda. Mungkin karena kekecewaan, terhadap orangtuanya yang berpisah. Hidup membuat Flora terdoktrin..Do not hope, instead observe...Flora mencamkan kata-kata itu dalam hati dan benak kecilnya. Karena sepertinya berharap akan jadi sangat menyakitkan.

Tetapi perubahan terjadi dalam hidup Flora, setelah bertemu Ulysses, seekor bajing yang dia selamatkan setelah terhisap mesin penyedot debu milik tetangga. Ulysses membuat Flora sedikit demi sedikit melupakan kekecewaannya, mendekatkan Flora kembali dengan orang-orang dewasa di sekitarnya dengan cara yang unik, dan mengenalkan Flora kepada dunia luar. Membuat Flora bisa percaya lagi..bisa berharap lagi.
Perubahan ini melibatkan petualangan-petualangan kecil dan seru yang terjadi pada Flora serta orang-orang lain. Sehingga mereka yang dewasa jadi belajar, jadi mengerti dan mau merendahkan ego, dan keadaan menjadi jauh lebih baik untuk semuanya.
" It is what I love about life, that things happen which I do not expected.."

Memang, saya tak punya ekspektasi tinggi saat awal membuka dan membaca buku ini. Tapi tak disangka, saya tercerahkan. Sempat terharu dan menitikkan airmata di akhir ceritanya. Buku ini begitu nyaman, menyentuh hati tanpa paksaan. Effortless, sweet, and memorable. Saya amat menyarankan untuk membaca buku ini, berapapun usia anda. Petualangan di dalamnya akan mengingatkan kembali, apa rasanya berharap yang paling baik untuk dunia dan seisinya (dan tentunya ini gak akan bikin saya kapok untuk beli Children books yang lain, extraordinary satisfied).
" Holy Bagumba..!!"

No comments:

Post a Comment