May 30, 2017

Catatan Harian Nirfaedah

“I'll be famous one day, but for now I'm stuck in middle school with a bunch of morons."
- Greg Heffley - 




Catatan harian alias diary adalah semacam kumpulan kenangan akan kejadian sehari-hari yang dialami oleh pemiliknya, sifatnya rahasia. Lantas bagaimanakah bila catatan tersebut dibaca oleh orang lain ?

Gregory Heffley alias Greg adalah cowok abege yang baru basuk sekolah menengah. Greg ini rajin menulis catatan harian mengenai keluhan dan kegiatannya sehari-hari, yang akhirnya kita baca dalam seri DIARY OF A WIMPY KID karya Jeff Kinney yang sudah diterjemahkan tujuh bukunya disini (aslinya sudah 11 buku).
Lantas apa yang menarik dari abege tidak gaul macam Greg ?

Ga ada. Ga ada faedahnya. Kelakuan Greg beneran konyol lugu ga penting minta digaplok. Cerita seputar kehidupan Greg bersama keluarga besarnya (yang sama aja konyolnya) yakni Dad, Mum, abangnya Rodrick, dan adik balitanya-Manny. Di sekolah, sahabat Greg, Rowley, juga sama ga beresnya. Keseharian Greg ini bikin geli sendiri. Entah apa aja yang dibuat oleh si Greg yang ujungnya hanya berupa hikmah semu yang segera lenyap dengan kekonyolan lainnya.

Lalu kenapa masih dibaca?

Simply, entertaining. Membaca DIARY OF A WIMPY KID itu ga perlu mikir banyak. Bacanya juga cepat, penuh ilustrasi yang membuat geli. Tekanan harian kita akan sedikit berkurang dengan membaca curhatan Greg. Di Indonesia sudah 7 buku yang diterjemahkan, namun sayang tidak ada kabar buku selanjutnya gimana. Saya sendiri sudah punya komplit 1-7, plus nomor 10 edisi asli yang diperoleh dari hasil berantem di lelang PNFI.

Dalam banyak bukunya ada beberapa kebegoan yang saya ingat, misalnya ketika celana dalam kotor milik Greg jatuh di sekolah, lalu diumumkan ke seantero sekolah karena ditemukan oleh pihak kebersihan - ternyata ada nama Greg di celana dalam itu ketulis. Ketika Greg berantem sama Rodrick dan ngebego bareng Rowley. Atau ketika Greg malah tersingkir dalam pesta dansa pertamanya.

“See, when you're a little kid, nobody ever warns you that you've got an expiration date. One day you're hot stuff and the next day you're a dirt sandwich.”  

“It's not easy to writing thank-you notes for the stuff you didn't want in the first place.” 

“I didn't really know what to expect from detention but when I waked into the room, the first thought I had was, I don't belong in here with these future criminals.”  

Itulah beberapa omongan random-nya Greg dalam catatan hariannya yang bikin geli. Entah apalah tujuan si pengarang menulis buku lawak ini. Menghibur banget sih ya. Kelakuan harian Greg kadang bikin teringat noraknya jaman abege dulu. Kadang bikin jengah dan malu.












Ga ada kabar berita dari  Atria, imprint penerbit Serambi untuk melanjutkan edisi Indonesianya. Yah, mungkin terkendala masalah penjualan. Padahal menurut istri senior saya, seorang psikolog perusahaan, seri WIMPY KID ini amat menghibur dan mampu memberikan relaksasi berarti bagi yang membacanya, sesuai dengan apa yang dia rekomendasikan ke saya.

Sayang sekali yah. Padahal meskipun nirfaedah, tetap aja lawak dan menghibur. Sepertinya saya terpaksa mencari lagi edisi aslinya untuk nomor 8,9, dan 11. Atau ada yang mau belikan ?


“So if you want to find somebody to blame for the way I am, I guess you'd have to start with the public education system.”
- Jeff Kinney -


No comments:

Post a Comment