May 26, 2017

The Riddell's Effect

“I don't want whatever I want. Nobody does. Not really. What kind of fun would it be if I just got everything I ever wanted just like that, and it didn't mean anything? What then?”
- Coraline Jones -
Coraline and the Cat
Curhatan ini ditulis akibat kekalapan tak terhingga di ajang Big Bad Wolf April 2017 lalu. Kali ini saya tidak membahas satu buku, tapi lebih kepada seorang ilustrator kenamaan yang goresan gambarnya di buku-buku anyar sudah membuat saya histerikal. Yap, Chris Riddell, ilustrator favorit om Gaiman ini muncul dengan ilustrasi yang khas, creepy, begitu mendetail, terkesan gotik, namun entah mengapa begitu indah.

Perkenalan saya dengan om Riddell ini diawali oleh THE SLEEPER AND THE SPINDLE, versi buku digital bikinan om Gaiman, yang sudah saya ripiu di sini (edisi terjemahannya). Saya kepincut banget dengan gambar bikinan beliau. Ini salah satu gambar di dalam buku tersebut.

Nah, efek sampingnya, saya malah jadi tertarik pada buku-buku yang ada sentuhan Riddell nya. Hasil dari kalap BBW, saya menemukan seri BARNABY GRIMES, ada empat buku, ditulis oleh Patrick Stewart dengan ilustrasi apik dari Riddel. Ini dia penampakan covernya...

 

Cakep yaaa..untung udah punya semuanya. Barnaby Grimes ini menceritakan tentang petualangan seorang kurir (yang pada buku ini disebut tic-toc-lad) yang bernama Barnaby Grimes dalam urusannya dengan kasus-kasus misteri. Kesan gotik dan horor terasa kuat di seri ini. Latarnya mengambil  alternate universe seperti era Victoria di Inggris. Bukunya tidak ada yang tebal, terkesan ringan dan gampang dicerna. Yang jelas ilustrasi bikinan Riddell bikin layak koleksi.

Kekhilafan lainnya adalah THE PIED PIPER OF HAMELIN karya aktor Russell Brand yang ilustrasinya juga dibuat dengan apik oleh Riddell. Tampilan detail kaya warna, goresan runcingnya, membuat tercengang. Ini sampul buku dan halaman pembuka ceritanya.


THE PIED PIPER OF HAMELIN merupakan pelintiran dari dongeng klasik berjudul sama. Ilustrasi dan jalan cerita yang apik dan 'nendang' di dalamnya membuat 'overwhelming'. Begitu indah dan berkesan. Agak gak nyangka aktor Russell Brand bisa nulis keren begini.

Kekhilafan saya yang lain adalah OTTOLINE AND THE YELLOW CAT. Buku anak-anak sih, tapi ya tetap aja, atas nama Riddel, yaaaahh. Ini dia penampakan sampulnya.


Ottoline adalah anak perempuan cerdas yang penuh rasa ingin tau. Dalam cerita ini, Ottoline terlibat dalam masalah pencurian permata dan hilangnya hewan peliharaan. Ceritanya sederhana sih, memang untuk anak-anak. Tapi ya gitu. Riddell won me.

Sepertinya saya akan tergoda buku-buku beliau yang lain. Yah, beneran sudah terhipnotis dengan kekuatan gambar-gambar kerennya. Apa mau di kata.

“The important prizes can't be won by individuals, only by us all.”
- Russell Brand -

No comments:

Post a Comment