July 25, 2017

Yang Gelap dan Mencekam

“...There are bad dreams for those who sleep unwisely...”



Kita tentu tau, kisah soal manusia abadi yang bertahan hidup dengan menghisap darah manusia, yang dikenal sebagai vampir. Berbagai kisah, anime, manga, pilem, serial tipi, dengan segala romansa (yang terkadang iyuh) muncul dengan ramainya. Topik vampir ini menjadi begitu tren hingga saat ini. Semacam tak lekang oleh waktu (Cedric Diggory aja pasca di Avada Kedavra, langsung jadi vampir berkilau ---ditabok potterheads).

Nah, kisah klasik tentang vampir sebenarnya muncul lebih dari seabad yang lalu. Menurut mommy Selvi (sumber rujukan saya), ada banyak kisah mengenai makhluk semacam lintah ini. Yang terkenal dan berpengaruh untuk berbagai kisah lainnya, tentu DRACULA oleh Bram Stoker.

July 21, 2017

In The End, It Doesn't Even Matter

And I'll be sorry for now
That I couldn't be around
Sometimes things refuse
To go the way we planned
Oh I'll be sorry for now
That I couldn't be around
There will be a day
That you will understand
You will understand

After a while you may forget
But just in case the memories cross your mind
You couldn't know this when I left
Under the fire of your angry eyes
I never wanted to say goodbye




Setelah tidur telat gegara Bram Stoker semalam, pagi ini saya dikejutkan oleh berita sedih mengenai berpulangnya seorang vokalis band alternatif - Linkin Park, Chester Bennington dalam usia 41 tahun. Yang menjadi penyebab kesedihan saya sebenarnya adalah cara kematian mendiang. Yep, suicide.
Kesehatan mental adalah suatu topik tersulit dalam dunia medis, sejauh yang saya akui dan pahami. Seperti yang pernah saya sebutkan dalam beberapa curhatan lain, tidak ada yang tau pasti dimana 'jiwa' itu berada. 'Penyakit' ataupun 'gangguan' yang mendera jiwa seseorang tidak bisa diatasi sesimpel meresepkan antibiotik untuk pasien infeksi bakteri. Ranah kesehatan mental bergelut dengan banyak ketidakpastian, mulai dari mendiagnosis sampai memikirkan terapi.

July 19, 2017

The Boy Who Dreams

"... Merlin's beard...!!!"


Kadang kita bisa menemukan harta tersembunyi dari semacam pertaruhan tak terduga. Sederhananya, saat kalah dalam perebutan boxset buku langka, saya memilih tiga buku yang sepertinya terlupa. TRILOGI MERLIN KECIL karya Jane Yolen, yang ternyata aslinya diterbitkan tahun 1996-1997, edisi indonesianya oleh Penerbit Serambi tahun 2007. Tipikal buku tipis kecil dengan isi kertas HVS tebal yang membahagiakan saat dipegang.
Lantas apa yang didapat ?

July 17, 2017

BANANAAAAA... !!! FREEDOM... !!!

"... the closer you look..the less you see..."
 
 
 
Menghadapi reading slump semingguan adalah suatu kondisi yang menyebalkan. Bagaimana tidak, timbunan masih begajulan berserakan, eh diri ini malah kehilangan hasrat membaca. Ditunjang kondisi diri yang sedang kurang energi, maka dari itu penghiburan beralih ke tontonan menghibur di layar lebar maupun di televisi.

Nah sesuai gambar besarnya (dengan backsound FREEDOM oleh Pharrell Williams), saya mau curhat nyinyir soal pilem menghibur berjudul DESPICABLE ME 3 (dan tiga pilem lain). Seperti biasa, para minions ini masih lucu menggemaskan, ditambah kelakuan Gru yang bertemu saudara kembarnya, Dru. Bersama mereka harus menghadapi si penjahat lawak bernama Balthazar Bratt yang eksis dengan kejahatan artistiknya. Sebenarnya saya cukup kzl dan zbl, karena DESPICABLE ME 3 harusnya tayang sejak 30 Juni 2017, namun digeser oleh kemunculan pilem nasional yang banyak sehabis lebaran (auk deh bete). Nasionalisme saya dalam hal perfilman memang minus, dengan berbagai alasan yang tidak usah diungkapkan, nanti bisa menuai emosi khalayak.

July 11, 2017

Paparan Klasik

“...Maybe everybody in the whole damn world is scared of each other...”
- John Steinbeck -

Sebagai pembaca dengan tumpukan TBR (to be read) alias timbunan ga kelar-kelar, tetap saja saya memiliki kecenderungan untuk membaca buku lain di luar timbunan, yang tentu saja diperoleh dengan kekhilafan membeli di toko buku. Percayalah, nggak ada yang namanya 'sekedar melihat-lihat' ketika sudah menginjakkan kaki di toko buku. Ada perasaan bersalah bila tidak membeli salah satu. Para buku itu seolah memanggil dengan tegas : BUY US ! Dan biasanya berakhir dengan kepatuhan saya : YES MASTER !

Kali ini saya malah membeli dua buku tipis cetak ulang dari dua kisah klasik terkenal : TIME MACHINE karya HG Wells dan OF MICE AND MEN karya John Steinbeck. Tumben bener. Bukan apa-apa sih, bukunya tipis, trus saya sedang ga minat dengan rak fantasinya (bilang aja udah punya dengan harga jauh lebih murah, banyak gaya).
So what did i get ?

July 6, 2017

Looking Trough The Eye

“It does not do to leave a live dragon out of your calculations, if you live near him.”
- JRR Tolkien -


Naga memang salah satu makhluk fantastis yang muncul di berbagai cerita, baik itu fantasi maupun mitos sejak dahulu kala. Newton Artemis Fido Scamander -- yang lebih kita kenal sebagai Newt Scamander, seorang Magizoologist, mengkategorikan naga dalam klasifikasi XXXXX, yakni level makhluk yang mustahil dijinakkan, meskipun sepertinya kita bisa bertanya lebih lanjut kepada Charlie Weasley mengenai hal ini (bisa jadi edisi Hewan-Hewan Fantastis dan Dimana Mereka Bisa Ditemukan yang saya miliki sudah ketinggalan zaman). Lantas, ada masalah apa dengan naga ?

Naga sejatinya mampu melihat kebenaran, meskipun kadang juga bisa diakal-akalin oleh makhluk lain (teringat Smaug yang ngamuk karna kelakuan Bilbo Baggins). Pandangan mata naga diyakini bisa menggetarkan hati yang menatapnya langsung, kebuasan dan kebijakan kuno dibaliknya, tentu mampu menyajikan kisah tersendiri. Sayangnya, Niner, sang Naga dalam THE EYES OF THE DRAGON (MATA NAGA), buku bikinan om Stephen King, dipenggal oleh Raja Roland dari kerajaan Delain, dan kepalanya dipajang sebagai hiasan di kamar pribadi sang Raja. Akan tetapi, mata Niner inilah yang memiliki peran berharga dalam kisah ini.

July 2, 2017

Kill The Beast !

“...Maybe there is a beast… maybe it's only us...”

Butuh waktu lumayan lama bagi saya untuk menyelesaikan sebuah novel klasik berbahasa Inggris dengan judul LORD OF THE FLIES karya William Golding ini. Menemukan si buku dalam ajang Big Bad Wolf beberapa bulan lalu, sejatinya saya penasaran, apa yang membuat banyak pihak merekomendasikan buku klasik terbitan asli tahun 1954 ini. Seberapa kuatkah ceritanya ?

Buku yang saya baca adalah versi terbitan ulang di tahun 2011 yang mengambil edisi revisi bikinan William Golding sendiri di tahun 1982. Awalnya saya berpikir novel klasik ini masih berbau fantasi atau dongeng atau petualangan dengan hawa-hawa Peter Pan -nya JM Barrie, ternyata tidak demikian adanya.