May 23, 2018

Han Solo, Han Jomblo

"...Cause I was so high, and now I'm so low...and I don't wanna walk around alone, solo
Said I don't want to walk this earth, if I gotta do it solo..."
- Iyaz -






Sebagai salah satu fans dalam semesta STAR WARS, tidaklah lengkap rasanya kalau tidak mengikuti pelem-pelem yang berkaitan dengan kisah perang di galaxy far far away ini. Sejak menyebut diri sebagai fans Chewbacca, maka jelas saya harus nonton spin off dari semesta bikinan George Lucas berjudul SOLO : A STAR WARS STORY, yang baru saja tayang hari ini di sepenjuru negeri. Bersama dua bapak-bapak jomblo lain, saya akhirnya menonton setelah drama harian di dunia kerja.

Nah, bagi khalayak sekalian pembenci spoiler silakan menyingkir dari nyinyiran ini. Saya mau menulis sesukanya, sekian dan terima kasih.
 
SOLO : A STAR WARS STORY berdiri pada timeline setelah STAR WARS EPISODE III : REVENGE OF THE SITH (2005) dan tepat sebelum spin off keren ROGUE ONE (2016). Sesuai judulnya, pilem ini mengisahkan tokoh idola kita, sang pilot Millennium Falcon, Han Solo.

Saya naksir sama Han Solo jaman pelem jadul dulu. Secara saya nonton STAR WARS EPISODE IV : A NEW HOPE (1977) yang mana opa Harrison Ford masih muda dan mempesona. Lebih suka beliau saat jadi Han Solo daripada Indiana Jones. Nah kita tau kalau Han Solo adalah kriminal/pilot mandiri yang oportunis dan nantinya berperan besar dalam kejatuhan Empire-nya Darth Vader beserta kebangkitan Jedi bareng Luke Skywalker dan Leia Organa. SOLO : A STAR WARS STORY mengisahkan kehidupan Han Solo sebelum berurusan sama pemberontakan.

Ganteng khaaan

Han adalah manusia yang terjebak di sebuah planet budak. Si Han ini gak jelas siapa keluarganya, dia cuma punya cem-ceman cewek bernama Qi'ra (Daenerys Targaryen pindah semesta). Mereka berdua mau kabur bareng, tapi terpisah. Si Han bisa kabur, si Qi'ra ketinggalan, jadinya Han bertekaD buat balik lagi menjemput gebetan (gebetan tapi udah cipok-cipokan). Han yang sebatang kara akhirnya dikasih nama belakang Solo oleh petugas imigrasi setempat. Tidak epik, saya ngakak.

Mulailah petualangan Han Solo kemana-mana, terjebak dalam pertarungan para prajurit Empire vs Rebellion di berbagai planet. Akhirnya dipertemukan dengan Chewbacca alias Chewie, idola saya. Di sini lah persahabatan legendaris ini dimulai. Han dan Chewie lalu bergabung dengan rombongan pencuri pimpinan pak Tobias Beckett, berurusan dengan mafia, ketemu Lando Calrissian nan perlente berkilauan, lalu ketemu lagi secara tak terduga sama si Qi'ra yang sudah menjual kebebasannya pada bos mafia yang diperankan oleh om Vision versi kejam (Paul Bettany).

Pilem ini memang eyegasm - eargasm. Namun menurut saya kekuatan kisahnya masih kalah jauh dibanding ROGUE ONE sebagai spin off lain dari semesta STAR WARS. Menghibur jelas menghibur, dengan durasi 133 menit dan tidak bikin ngantuk. Intinya Han Solo tetap jadi Han Jomblo. Cuma Chewbacca berusia 196 tahun yang beneran jadi temennya banget.

Dalam pilem ini, beberapa kisikan familier di pilem-pilem utama STAR WARS muncul namun tidak banyak. Planet Tatooine - tempat dibesarkannya si Luke, kebrutalan Empire, dan kemunculan pemberontak beserta Sith tersebut di beberapa dialog. Sisanya benar-benar Han Solo saja yang jadi fokus. Pemeran Han Solo adalah Alden Ehrenreich yang lumayan ganteng. Harus diakui bahwa kualitas akting pemain di kisah ini amat baik. Meskipun opa Harrison Ford versi muda tetap jadi idola.

Duo kece, sayangnya di STAR WARS EPISODE VII : THE FORCE AWAKENS malah gitu, ah sudahlah


Recommended
Lumayan, tentunya bagi penggemar STAR WARS wajib nonton. Bagi yang tidak pernah nonton ataupun acak nonton pelem-pelem di semesta STAR WARS juga bisa menonton, dengan cara menikmati saja. Karena memang ini settingnya planet lain, galaksi entah dimana, dengan kemajuan teknologi di luar mimpi-mimpi kita saat ini. Namun di petualangan seluas ini, si Han tetap aja jomblo, kesian yah (emang situ kagak - naksir doang namun sama aja ngenesnya - eh ga usah curhat woy).

Seqian, saatnya kembali kerja. May the force be with you. ^^

PS : Indonesia entah mengapa selalu duluan 2 hari dari release worldwide, keren yak, HAHAHAHA



“...I used to wonder about that myself. Thought it was a bunch of mumbo-jumbo. A magical power holding together good and evil, the dark side and the light? Crazy thing is, it’s true. The Force, the Jedi — all of it. It’s all true...”
- Han Solo -


No comments:

Post a Comment